Kamis, 25 Oktober 2012

Manfaat Kayu untuk Rangka Bangunan

Posted by Danar on Kamis, 25 Oktober 2012 | 0 komentar

Kayu merupakan bahan bangunan yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan alam. Tumbuh-tumbuhan ini adalah sebagai sesuatu yang hidup sehingga dipengaruhi oleh kondisi ditempat ia hidup. Sampai saat ini kayu masih banyak dicari dan dibutuhkan manusia. Diperkirakan pada abad-abad yang akan datang kayu makin lama makin lebih dibutuhkan oleh manusia. Kayu merupakan sumber kekayaan alam yang tidak ada habis-habisnya.

Manfaat Kayu untuk Rangka Bangunan

Salah satu sifat utama dari kayu itu sendiri adalah mempunyai sifat-sifat spesifik yang tidak bisa ditiru oleh bahan-bahan lain yang dibuat oleh manusia misalnya, kayu mempunyai ketahanan terhadap pembebanan yang tegak lurus dengan seratnya atau sejajar seratnya. Maka sejak dahulu kayu dipakai oleh manusia sebagai konstruksi sebuah bangunan Pemakaian kayu sebagai rangka bangunan sangatlah tepat karena kayu lebih ringan dan mengurangi berat sendiri dari bangunan, sehingga dapat menghemat ukuran pondasi.

Penggunaan kayu sebagai rangka bangunan biasa dipakai sebagai kuda-kuda rumah. Kuda-kuda saka guru sebagai kerangka dasar dengan dua usuk bersilang gunting yang menjamin kestabilan bangunan tersebut. Disini kayu yang digunakan sebagai rangka bangunan adalah kayu-kayu yang kuat misalnya kayu jati, kayu kamper, kayumeranti, kayu kruing, kayu bengkirai, kayu lanan, dan lain sebagainya. Sebuah bangunan yang menggunakan kayu sebagai rangkanya akan terlihat lebih artistik, bahkan ada yang sengaja diekspose serat-seratnya supaya terlihat lebih indah. Sehingga akhir dari semua maka kayu juga bisa digunakan sebagai rangka bangunan sebagai alternatif lain dari penggunaan baja ataupun beton.

SIFAT UTAMA KAYU
  • Merupakan bahan kekayanaan alam yang tidak ada habisnya karena jumlahnya bisa dibilang tidak terbatas tetapi juga bisa dibilang suatu saat kayu akan menjadi barang yang sangat mahal. Merupakan renewable resources atau dapat diperbarui.
  • Kayu diluar arsitektur dapat diolah menjadi barang seperti kertas atau kain.
  • kayu memiliki sifat elastis, ketahanan terhadap beban tegak lurus dengan seratnya atau sejajar dengan seratnya.
Sumber: kulinet.com


Share :





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar