Senin, 10 September 2012

Pengertian Fotosintesis Pada Tumbuhan

Posted by Danar on Senin, 10 September 2012 | 0 komentar

Proses fotosintesis dapat disebut sebagai sebuah proses yang menentukan keberlangsungan dari kehidupan semua makhluk yang ada di bumi ini. Bagaimana tidak?! Proses fotosintesis adalah sebuah proses yang dilakukan tumbuhan untuk memasak makanan. Hasil dari proses fotosintesis yang berupa makanan ini nantinya sangat diperlukan tidak hanya bagi tumbuhan itu sendiri tapi juga makhluk hidup lain seperti hewan dan juga manusia.

Pengertian Fotosintesis Pada Tumbuhan

Tempat Berlangsungnya Fotosintesis Tumbuhan

Ternyata tidak semua tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis ini. Hanya beberapa jenis tumbuhan yang dapat melakukannya. Tumbuhan yang bisa melakukan proses fotosintesis hanya tumbuhan yang mengandung klorofil atau tumbuhan yang memiliki zat hijau daun. Tempat berlangsungnya fotosintesis pada tumbuhan hijau dilakukan di daun, dan terjadi di jaringan parenkim daun. Karena pada bagian inilah terdapat klorofil. Daun adalah bagian yang terpenting dalam melakukan proses fotosintesis.

Dalam proses fotosintesis tumbuhan ini ada beberapa bahan yang diperlukan. Bahan utama adalah klorofil atau zat hijau daun tersebut. Klorofil ini menjadi syarat bisa tidaknya proses fotosintesis dilakukan oleh tumbuhan.

Zat lain yang dibutuhkan adalah air. Air diambil oleh tudung akar yang berada di akar di dalam tanah. Air kemudian dibawa ke daun untuk selanjutnya di masak dalam proses fotosintesis.

Zat lain yang dibutuhakn selain air adalah zat sisa pernapasan yaitu karbondioksida. Tumbuhan mengambil zat karbondioksida dari udara yang berada di sekitar tumbuhan tersebut. Itulah sebabnya tumbuhan dijadikan sebagai penyaring udara karena kemampuannya untuk dapat menghisapkarbondiaoksida dari udara. Karbondiokasida sejatinya adalah zat yang terkandung dalam udara yang pada kadar tertentu dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan manusia.

Kebanyakan proses fotosintesis tumbuhan terjadi pada siang hari karena pada proses ini membutuhkan bantuan sinar matahari dalam melakukan prosesnya. Setelah air, karbondioksida dibawa ke daun, dan dengan bantuan sinar matahari maka klorofil dalam daun siap untuk melakukan proses pemasakan makanan.

Proses Fotosintesis Tumbuhan

Proses fotosintesis tumbuhan ini berlangsung melalui dua tahap, yaitu melalui rekasi terang dan reaksi gelap.

Pada reaksi terang terjadi penguraian air pada klorofil dari cahaya matahari dan disebut fotolisis. Cahaya matahari dibutuhkan sebagai sumber energi dalam reaksi terang. Di mana sumber energi yang diubah oleh klorofil menjadi energi kimia dan disimpan dalam bentuk ATP (Adenosina trifosfat). Klorofil berfungsi sebagai pengantar energi cahaya menjadi kimia.

Sedangkan pada reaksi gelap terjadi pengikatan karbondioksida oleh daun. Kemudian karbon dioksida tersebut diubah menjadi glukosa. Dalam pembentukan glukosa ini diperlukan ATP yang dihasilkan melalui proses terang. Pada reaksi ini tidak dibutuhkan sinar matahari, dan terjadi pada bagian stroma pada kloroplas.

Setelah proses fotosintesis berlangsung maka hasil yang diciptakan adalah berupa energi yaitu karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat ini dibawa ke seluruh bagian tumbuhan sebagai makanan untuk mensuplai energi ke semua bagian tumbuhan. Sedangkan sisa dari ini disebut sebagai cadangan makanan yang akan disimpan oleh tumbuhan di beberapa bagian tubuh tumbuhan tersebut.

Sebut saja singkong yang menyimpan cadangan makanannya di akar atau tebu yang menyimpan cadangan makanannya di batang. Cadangan makanan inilah yang nantinya berguna bagi kehidupan manusia dan hewan karena cadangan makanan ini dapat dikonsumsi oleh manusia atau pun hewan.

Selain energi ini, hasil lain dari fotosintesis adalah oksigen. Oksigen ini kemudian dikeluarkan dari tumbuhan. Oleh sebab itulah tumbuhan sangat berperan penting dalam menjaga kelestarian udara di bumi kita. Karena dengan oksigen yang selalu diproduksi oleh tumbuhan ini membuat udara kita menjadi sejuk dan segar.

Jika kita sedang berada di bawah pohon saat siang hari dimana cuaca sedang sangat terik maka kita akan merasakan kesejukkan. Hal ini dikarenakan oksigen yang sednag dikeluarkan oleh tumbuhan sebagai hasil dari proses fotosintesis. Oksigen dalam udara inilah yang membuat udara menjadi sejuk dan segar.

Penggunaan dan Penyimpanan Hasil Proses Fotosintesis Tumbuhan

Hasil dari fotosintesis adalah glukosa dan karbohidrat. Hasil tersebut sebagian digunakan sebagai energi bagi tumbuhan agar tetap hidup. Hasil yang tidak digunakan disimpan sementara pada daun atau pada bagian lain tumbuhan dalam bentuk zat tepung.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis Tumbuhan

Dalam melakukan kegiatan fotosintesis, tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut :
  • Cahaya. Banyaknya cahaya yang digunakan pada waktu proses fotosintesis tergantung dari banyaknya cahaya yang datang. Semakin tinggi intensitas cahaya maka akan semakin banyak energi ATP yang dihasilkan. Namun, jika intensitas cahaya terlalu tinggi malah akan merusak klorofil. Sumber cahaya alami untuk fotosintesis adalah sinar matahari.
  • Kadar Karbondioksida. Dalam melakukan fotosintesis, karbon dioksida sangat diperlukan. Jika kadar karbon dioksida rendah maka akan mempengaruhi laju kecepatan fotosintesis pada tumbuhan.
  • Suhu. Suhu yang optimal agar proses fotosintesis bisa berjalan maksimal adalah 10-38 derajat celsius atau berada pada suhu yang tidak terlalu tinggi dan rendah.
  • Air adalah salah satu bahan yang dibutuhkan pada waktu melakukan proses fotosintesis. Kekurangan air akan menyebabkan tumbuhan menjadi layu.
  • Klorofil sangat berperan proses fotosintesis karena klorofil merupakan bahan penyerap energi cahaya untuk melakukan proses fotosintesis. Jika kandungan klorofil sedikit, maka laju pertumbuhan fotosintesis pun akan menurun.
Manfaat Proses Fotosintesis dalam Kehidupan di Bumi

Tumbuhan disebut sebagai produsen dalam rantai makanan dunia. Ini dikarenakan fungsi tumbuhan sebagai penghasil makanan bagi makhluk lain yang ada di bumi ini. Bentuk makanan yang diproduksi oleh tumbuhan adalah karbohidrat.

Zat karbohidrat inilah yang memungkinkan tumbuhan untuk dapat dikonsumsi oleh hewan dan manusia. Dengan mengkonsumsi tumbuhan inilah maka hewan dan manusia bisa memperoleh energi untuk melakukan segala aktivitas dalam hidupnya. Inilah yang disebut dengan alur energi dari tumbuhan ke makhluk hidup lain.

Selain menghasilkan karbohidrat sebagai zat sumber energi, tumbuhan juga merupakan penghasil zat terpenting di bumi ini. Tanpa zat tersebut tidak ada makhluk pun yang bisa hidup di bumi ini. Zat itu adalah oksigen.

Oksigen adalah zat yang diperlukan dalam proses pernapasan seluruh makhluk hidup di dunia ini. Proses pernapasan adalah proses pengambilan oksigen dari dalam udara dan nantinya melepaskan zat karbondioksida ke udara sebagai sisa proses pernapasan ini. Oksigen yang diserap tubuh sangatlah dibutuhkan untuk pembakar zat makanan yang telah dikonsumsi oleh manusia ke tubuhnya sehingga manusia dapat memperoleh energi.

Energi ini mutlak dibutuhkan manusia untuk melakukan segala aktivitas kesehariannya. Tanpa energi ini tentu manusia tak dapat melakukan apapun.

Jadi energi yang didapat manusia adalah sumbangsih terbesar dari tumbuhan. Makanan yang diperoleh adalah dari tumbuhan dan nantinya makanan tersebut akan diproses lebih lanjut dengan oksigen yang juga merupakan bantuan dari tumbuhan.

Dua zat yang dihasilkan dalam proses fotosintesis sangatlah memiliki peran yang besar dalam kehidupan makhluk hidup yang ada di dunia baik hewan dan juga manusia.

Selain itu fungsi tumbuhan sebagai pelaku proses fotosintesis juga sangat besar dalam kehidupan di dunia. Dalam melakukan proses fotosintesis ini, tumbuhan membuutuhkan zat karbondioksida. Udara di sekitar kita yang telah banyak tercermar oleh zat karbondioksida ini yang dalam kadar tertentu berbahaya bagi tubuh manusia dihisap atau diserap oleh tumbuhan. Karena pada proses fotosintesis ini tumbuhan memerlukan karbondioksida.

Dan setelah proses fotosintesis tumbuhan selesai, zat yang dihasilkan adalah zat yang juga berperan dalam kehidupan makhluk hidup lainnya yaitu oksigen. Oksigen diperlukan dalam proses pernapasan. Selain itu oksigen juga dibutuhkan untuk menjaga kelestarian udara yang ada di sekitar kehidupan kita.

Itulah sebabnya banyak sekali ditanam aneka jenis tumbuhan terutama pohon-pohon besar di kota-kota besar yang udaranya telah banyak tercemar. Ini untuk membersihkan udara dari zat yang berbahaya dan memenuhi udara dengan oksigen yang menjadikan udara menjadi bersih dan sehat.

Proses fotosintesis tumbuhan sangatlah berperan dalam menjaga keberlangsungan kehidupan di dunia. Karena proses fotosintesis ini menghasilkan zat-zat penting bagi kehidupan makhluk hidup di dunia.



Share :





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar