Minggu, 23 September 2012

Kandungan dan Manfaat Ketam Hitam Untuk Kesehatan

Posted by Danar on Minggu, 23 September 2012 | 0 komentar

Ketan hitam biasa digunakan sebagai bahan dasar jajanan dan makanan. Ternyata, di balik penampilannya yang kurang menarik, ketan hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Ketam Hitam Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah kandungan dan manfaat ketan hitam yang perlu kita ketahui :
  1. Ketan hitam kaya akan kandungan zat besi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Kandungan zat besi ketan hitam sangat tinggi, hingga 15,52 ppm.

  2. Kandungan zat besi ketan hitam dapat memperbaiki kerusakan sel hati akibat hepatitis dan chirosis (pengerasan hati), mencegah gangguan fungsi ginjal, dan mencegah terjadinya kanker dan anemia.

  3. Ketan hitam juga dapat membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh.

  4. Ketan hitam juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan, berfungsi sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan juga mencegah anemia.

  5. Ketan hitam memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan, mengkonsumsi ketan hitam dalam jangka panjang dapat mencegah timbulnya Alzheimer dan diabetes.

  6. Ketan hitam dapat menyuburkan rambut dan membuat otot tubuh menjadi padat. Selain itu, ketan hitam juga dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

  7. Bagi penderita kencing manis atau diabetes melitus. ketan hitam dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.
Ketika diolah menjadi makanan, ketan hitam akan menghasilkan rasa dan aroma yang harum. Ketika dimasak, ketan hitam akan berubah warna menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang dapat membangkitkan nafsu makan. Ketan hitam bisa diolah dengan berbagai jenis makanan. Misalnya dicampurkan dengan bubur kacang hijau, dimakan dengan santan pandan, dan juga ditambahkan pada minuman es. Selain itu, biasanya ketan hitam juga dimanfaatkan untuk membuat tape. Tape ketan hitam sangat manis, harum, dan nikmat.

Di samping sebagai bahan jajanan dan makanan, sekarang kita mengetahui bahwa manfaat ketan hitam bagi kesehatan tubuh kita sangatlah banyak.

Sumber : semuaartikel.com


Share :





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar